Mendaki gunung Mahawu di wilayah Tomohon

Di wilayah Tomohon terdapat sebuah gunung yang menjadi wisata alam yang ramai dikunjungi, namanya Gunung Mahawu. Gunung Mahawu termasuk juga gunung berapi, tetapi berbeda dengan gunung Lokon yang hampir setiap tahun meletus, gunung Mahawu adalah gunung berapi yang tidak aktif.

gunung mahawu
Pesona kawah gunung Mahawu. Photo by: pegi-pegi

Melihat kawah di puncak yang mengeluarkan asap belerang

Gunung mahawu memiliki ketinggian 1,311 meter diatas permukaan laut, mudah diakses dari kota Tomohon, gunung Mahawu memiliki pemandangan alam yang indah, disamping keanekaragaman flora dan fauna. Yang unik dari gunung ini adalah kita bisa melihat kawah gunung jika kita mendaki sampai ke puncak.

Karena sering mengeluarkan abu, orang Minahasa memberi nama gunung Mahawu. Gunung ini terakhir meletus pada Tahun 1789 dan mengeluarkan letupan lumpur pada tahun 1994 dan 1999.

Karena tidak aktif maka gunung Mahawu relatif aman untuk dikunjungi, tetapi sebaiknya jika sudah mencapai puncak jangan menuruni lobang kawah, kita tidak tahu kapan waktunya kawah gunung mengeluarkan asap beracun, jadi lebih baik untuk tetap berjaga-jaga.

Dari puncak gunung Mahawu, pulau Manado Tua, pulau Bunaken, pulau Siladen dan sebagian kota Manado bisa terlihat jelas. Terlihat juga kawah gunung Lokon, yang terletak disebelah barat gunung Mahawu. Dipuncak Mahawu sewaktu-waktu akan turun kabut tebal sehingga suhu menjadi  lebih dingin.

Kawah gunung Mahawu yang lebar dan kedalamannya sekita 140 meter menjadi pemandangan yang wow bagi setiap pengunjung. Dari dasar kawah mengepul asap belerang, sehingga aroma belerang akan terasa menyengat hidung berada di sekitar kawah.

gunung mahawu
Kawah Gunung Lokon bisa terlihat dari puncak Mahawu. Photo By: WikimediaCommons

Perkebunan sayur dan bunga yang indah di lereng gunung Mahawu

Puncak gunung Mahawu ditumbuhi pepohonan hijau dan hutan lindung. Bunga-bunga yang tumbuh di lereng gunung, di jalur pendakian menambah pesona keindahan tempat ini, sehingga banyak pengujung yang tertarik berwisata ke sini.

Untuk mendaki ke gunung Mahawu jalur yang paling bagus adalah melewati desa Kakaskasen. Kita akan melewati kebun sayur-sayuran yang hijau dan kebun bunga yang indah berwarna-warni. Pesona alamnya luar biasa cantik.

Pada pagi hari udara disini sangat dingin dan berkabut, sehingga sangat cocok untuk mendaki ke puncak. Mendaki ke puncak dipagi hari, tidak akan terasa melelahkan karena udara yang sejuk. Rasakan sensasi mendaki gunung dipagi yang berkabut, suasanyanya sangat menyenangkan.

Jalur mendaki ke puncak dengan berlajalan kaki tidak terlalu jauh, karena untuk ke gunung ini bisa diakses dengan menggunakan mobil sampai di ketinggian 1200 meter. Pemerintah setempat telah membangun jalan aspal sampai di ketinggian yang tidak jauh lagi dari puncak gunung.

Tersedia lokasi parkir di ujung jalan yang diaspal, dan dari lokasi ini kita hanya perlu berjalan kaki setengah jam ke puncak gunung. Medan pendakian pun tidak terlalu berat karena telah dibuatkan jalan setapak di jalur pendakian.

Kelebihan lain dari gunung Mahawu adalah di gunung ini bisa ditemukan berbagai spesies burung. Pesona alam yang indah, diseratai kicauan burung yang merdu, menambah semangat untuk mendaki puncak Mahawu.

gunung mahawu
View gunung Lokon, suasana puncak yang berkabut. Photo By: WisataManado

Ada beragam spesies burung yang cantik dan memiliki suara yang merdu dapat kita temui di sini. Yang penasaran dengan dengan burung manguni atau Celepuk Sulawesi, bisa mendaki ke sini pada malam hari.

Rencanakan liburan anda untuk mendaki ke gunung Mahawu yang terletak di wilayah Tomohon. Ini gunung yang relatif mudah didaki. Untuk pendaki pemula, ini medan yang tidak berat dan sangat dekat untuk dikunjungi dari kota Tomohon.

Dari kota Manado pun hanya membutuhkan waktu 2 jam perjalan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Hanya hal yang wajib disiapkan untuk mendaki gunung adalah membawa bekal yang cukup, karena namanya juga di gunung pasti tidak ada yang jualan makanan.

Perlu juga menyiapkan pakaian yang cukup dan hangat, karena udara disini ekstrim dinginnya. Selain itu pakailah sepatu yang nyaman untuk mendaki. Menghendaki jalur pendakian yang tidak licin, datanglah dimusim panas. Kunjungilah kota Tomohan dan nikmati pesona keindahan alamnya.